Minggu, 23 Mei 2010

Pameran Foto “Indonesia Masa Kini”

-->
Pameran foto yang diadakan di kampus Universitas Gunadarma dengan tema “Indonesia Masa Kini”, diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai universitas, diantaranya adalah Universitas Negeri Jakarta, Universitas Nasional, Institut Kesenian Jakarta, dan Universitas Gunadarma, serta masih banyak universitas lain yang berpartisipasi dalam pameran ini.
Terkait dengan tema “Indonesia Masa Kini” secara keseluruhan foto-foto pada pameran tersebut yang berjumlah lebih dari 100 foto itu dapat dikatakan sudah mencerminkan Indonesia masa kini, meskipun ada beberapa foto (tidak lebih dari 15 foto) yang belum sesuai dengan tema yang maksud.
Sebagian besar foto yang dipamerkan menggambarkan kondisi kota-kota besar di Indonesia seperti kemacetan lalu lintas dan masalah kebersihan, serta mencerminkan tingkah laku masyarakat seperti melanggar peraturan-peraturan lalu lintas, menggambarkan tidak terkontrolnya kebersihan lingkungan, dan perilaku kehidupan masyarakat kecil yang tinggal di pinggiran kota, serta ada juga beberapa foto yang menggambarkan perilaku mahasiswa masa kini yang suka berdemonstrasi. Berikut ini salah satu foto menarik dari pameran tersebut:
-->
Fotografer : Wisnu A.P ( Universitas Nasional )
Judul Foto : “Mengabaikan Keselamatan”
Foto diatas menggambarkan seorang anak kecil berjalan ditepi atas kereta api yang melaju kencang. Terlihat dari raut muka anak tersebut, dengan santainya ia menelusuri tepi atas kereta tanpa memikirkan keselamatan dirinya sendiri. Mungkin jika terjadi sedikit kesalahan saja akan mengakibatkan kecelakaan atau suatu hal yang tidak diinginkan.
Gambar ini menarik karena fotografer menampilkan hasil foto yang bagus walau dalam kondisi dan posisi yang tidak memungkinkan sekalipun meski membahayakan dirinya sendiri. Teknik pengambilan gambar bagus, dimana objek ditonjolkan dengan jelas (dominan), sedangkan detail latar belakang dibuat tampak kabur (blur). Dalam kondisi seperti gambar diatas dapat dilihat bahwa fotografer berada diatas kereta api dan bagi orang yang belum mahir biasanya akan melakukan kesalahan dalam mengambil gambar entah itu masalah objek utama atau latar belakang.



 
animasi  bergerak gif
Manggekyu - Sharinggan