Selasa, 11 Mei 2010

Fatimah Az-Zahra, wanita teladan sepanjang masa

-->

-->
Fatimah Az-Zahra, wanita teladan sepanjang masa
- Judul buku “Fatimah Az-Zahra, wanita teladan sepanjang masa”.
- Ditulis oleh Ibrahim Amini.
- Judul asli “Fatimah Az-Zahra, al-Mar’ah an-Namudziyah fi al-Islam”.
- Diterjemahkan oleh Ali Yahya.
- Jumlah halaman 214.
- Diterbitkan oleh Lentera.
- Isi buku mengisahkan riwayat kehidupan Fathimah
Az-Zahra, pemimpin wanita sepanjang masa, wanita teladan, seorang bidadari dalam wujud manusia.
...
Fatimah az Zahra adalah putri Nabi Muhammad saw dan Khadijah binti khuwailid. Ketika bayi fatimah lahir, bersinarlah cahaya darinya dan tidak ada satu tempat pun dibumi, di sebelah timur maupun baratnya, melainkan bersinar dengan cahaya itu.[1]
Terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama Islam mengenai tanggal kelahiran Fatimah. Namun, keterangan yang masyhur di kalangan ulama imamiyyah menyebutkan bahwa ia lahir pada hari Jum’at, 20 Jumadilakhir, pada tahun kelima setelah kenabian.[2]
Fatimah Az-zahra melebihi melebihi wanita-wanita dimasanya dalam hal kemuliaan dan keturunan, karena ia anak dari Muhammad Rasulullah saw dan khadijah, pewaris keutamaan, ilmu, dan perangai yang baik. Ketika Fatimah mencapai kedewasaan seperti wanita-wanita lain ia banyak dilamar oleh pembesar-pembesar Quraisy yang memiliki kehormatan, kemuliaan dan harta, tetapi Rasulullah saw menginginkan agar yang melamar Fatimah adalah Ali bin Abi Tholib.
Saat Ali bin Abi Tholib melamar Fatimah, Rasulullah senang dan gembira dan berkata kepada Fatimah “Sesungguhnya Ali telah menyebut-nyebutmu. Ia adalah orang yang kamu kenal.” Fatimah terdian. Kemudian Rasulullah mengatakan, “Allahhu akbar, Diamnya menunjukkan persetujuannya.” Beliau kemudian keluar dan menikahkannya.
Rumah tangga Ali dan Fatimah merupaka contoh yang paling mengagumkan dalam dalalm hal kemurnian, ketulusan dan kasih sayang. Ali dan Fatimah memiliki 5 anak: Hasan, Husain, Zainab, Ummu Kultsum, dan Muhsin yang meninggal keguguran ketika ia masih berupa janin. Tinggallah baginya 2 anak laki-laki dan 2 anak perempuan.
Dalam kehidupannya Fatimah mengalami kehudupan yang sulit, seperti mendapat penentangan selama 3 bulan, pemutusan hubungan, kesedihan yang bertumpuk-tumpuk menderita sakit dan jengukan yang dibenci.
Tidak ragu lagi, Az-Zahra –wanita terbaik diseluruh alam- adalah teladan wanita Muslimah, karena dialah satu-satunya wanita yang hidup dalam naungan ayahandanya yang maksum, suaminya yang maksum, dan ia sendiri pun maksum. Artinya adalah iklim tempat dia berkembang dan tumbuh dewasa adalah iklim kesucian, karena ia menghabiskan usia kanak-kanaknya dalam pangasuhan Nabi yang mulia. Pernikahannya, pengaturan rumah tangganya, dan pendidikan anak-anaknya berada didalam rumah seorang pribadi terbesar kedua dalam Islam, yaitu Ali bin Abi Thalib. Dan dalam usianya yang singkat itu, ia mempersembahkan kepada masyarakat dua orang imam yang maksum, Al-Hasan dan Al-Husain, serta dua orang wanita pemberani dan mau berkorban, Zainab dan Ummu Kultsum. Pada rumah yang seperti itulah kita mendapatkan gambaran hidup dari seorang wanita yang hidup didalam naungan, undang-undang dan metode pendidikan islam.
Melalui buku ini, penulis mencoba memperkenalkan wanita terbaik dalam islam dengan mengungkapkan beberapa aspek kehidupan. Yang paling ditekankan disini adalah masalah akhlak dan pendidikan. Namun, penulis juga memberikan informasi yang cukup memadai tentang riwayat hidupnya, terutama bagi mereka yang belum banyak mengenal tentang az-Zahra.
Buku ini baik sekali untuk dibaca oleh para pendidik, tokoh-tokoh wanita Islam, para pemuda, ibu rumah tangga, para peminat sejarah, serta para pemerhati kehidupan para tokoh. Selain dapat mengenal pribadi az-Zahra, dengan membaca buku ini para pembaca juga dapat mengetahui berbagai aspek kehidupannya yang patut untuk direnungkan dan diteladani.
[1]Bihar Al-Anwar, XVI, hal. 80-81
[2]Ulama-ulama non-Imamiyyah dan ulama Imamiyyah berbeda pendapat tentang tahun kelairan Fatimah. Sebagian besar ulama non-Imamiyyah berkata bahwa ia lahir sebelum kenabian.
 
animasi  bergerak gif
Manggekyu - Sharinggan