Kamis, 14 Oktober 2010

Penanganan Risiko Dari Radiasi Komputer


-->

I. PENDAHULUAN
Penggunaan komputer saat ini bukan hanya di perusahaan atau perkantoran, di rumah pun komputer juga merupakan hal yang biasa bahkan zaman sekarang komputer menjadi kebutuhan setiap orang. Diperusahaan atau perkantoran, komputer menjadi andalan dalam melakukan komputasi dan pemrosesan data parusahaan. Sebuah komputer tentunya tak lepas dari User yang menggunakannya, seringkali para User harus berlama-lama bekerja menyelesaikan pekerjaannya didepan komputer. Dengan keadaan seperti itu kungkin para User akan mengalami beberapa keluhan. Kebanyakan gejala yang dikeluhkan para pengguna komputer adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata perih. Masalah lainnya yang dapat timbul adalah mengenai gangguan sakit kepala atau leher, dan bahu. Hal itu disebabkan karena radiasi yang ditimbulkan oleh layar komputer.
II. PEMBAHASAN
Bagi para karyawan perusahaan IT atau orang-orang yang setiap hari bekerja didepan komputer harus menjaga kesehatan matanya dari radiasi layar komputer, karena radiasi ini dapat merusak mata. Beberapa cara untuk melindungi mata dari radiasi layar komputer, yakni :
1. Pakai pelindung layar komputer untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer. Sekarang ini banyak pelindung (filter) untuk layar komputer dipasaran, tujuan pemakaian filter ini untuk mengurangi dampak radiasi yang ditimbulkan oleh layar komputer. Dengan kata lain filter pada layar akan berfungsi sebagai penangkal radiasi layar komputer.



2. Setting contrast, sesuaikan pencahayaan layar komputer dengan kenyamanan mata. Kontras yang terlalu terang tidak baik bagi kesehatan mata.


3. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).
4. Jaga jarak antara monitor dengan pandangan mata. Posisikan layar monitor sedikit jauh dari mata, jarak terdekat antara mata dengan layar komputer adalah 50 cm.
5. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata.
6. Hindari memandang layar computer secara terus menerus, istirahatkanlah mata sejenak. Jika sudah berada didepan komputer selama 1 jam sediakan waktu sekitar 5 menit untuk mengistirahatkan mata, dengan cara pandanglah sesuatu yang letaknya jauh dari pandangan mata agar penglihatan (fokus) mata kembali normal.
7. Sesering mungkin kedipkan mata untuk menghindari mata kering, sebab dengan mengedipkan mata akan merangsang kelenjar airmata untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi membuat mata menjadi basah & lembab.
8. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik dan sehat.
III. KESIMPULAN
Radiasi yang ditimbulkan oleh layar komputer sebenarnya masih dalam batas ambang radiasi yang boleh diterima oleh tubuh kita, akan tetapi radiasi tersebut akan menjadi ancaman jika terus menerus (melewati batas) mengenai tubuh. Ada baiknya jika komputer-komputer yang ada di perkantoran atau perusahaan IT mengunakan filter untuk layar komputer.

 
animasi  bergerak gif
Manggekyu - Sharinggan